#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#define VIDEO_INT 0x10 // Nomor interupsi video
#define UCHAR unsigned char // Tipe data UCHAR
UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr);
int main(void)
{
UCHAR huruf, warna;
clrscr(); // Bersihkan layar
gotoxy(10, 5); textcolor(15); // Warna karakter
textbackground(5); // Warna dasar karakter
cprintf(" Latihan C++ "); // Cetak string
gotoxy(13, 5); // Pindah posisi kursor
huruf = getCharAttr(&warna); // Baca nilai karakter
// dan atributnya
gotoxy(1, 7);
printf("Karakter pada baris 5 kolom 13: %c\n", huruf);
printf("Warna\\atribut dari karakter : %#x\n", warna);
getch();
return EXIT_SUCCESS;
}
UCHAR getCharAttr(UCHAR *attr) // Fungsi untuk membaca
{ // karakter dan atributnya
union REGS in, out; // pada posisi kursor
in.h.ah = 0x08; // AH = 8 heksadesimal
in.h.bh = 0x00; // BH = 0, halaman layar
int86(VIDEO_INT, &in, &out); // Lakukan interupsi
*attr = out.h.ah; // Salin nilai AH di attr
return out.h.al; // Kembalikan nilai AL
}
Gambarnya Sebagai Berikut :
Penjelasannya :
Pada program diatas, fungsi yang dibuat untuk membaca karakter dan warna
atributnya adalah fungsi getCharAttr. Fungsi ini mengirimkan parameter dengan tipe data
unsigned character secara acuan. Setelah fungsi tersebut dijalankan, parameter attr berisi
nilai warna atribut dari karakter sedangkan fungsi getCharAttr sendiri mengembalikan nilai
karakter yang dibaca.
0 komentar:
Posting Komentar