#include "screen.cpp
#define KEY_INT 0x16 /* Nomor interupsi keyboard */
UCHAR getKey(void);
int main(void)
{
Screen *layar = new Screen();
UCHAR karakter;
layar->setMode(0x03);
layar->setCursorPos(4, 14);
layar->writeString("Input satu karakter:");
layar->setCursorPos(4, 34);
karakter = getKey();
layar->setCursorPos(5, 14);
layar->writeString("Karakter yang anda ketik adalah");
layar->setCursorPos(5, 46);
layar->writeChar(karakter);
layar->setCursorPos(6, 14);
layar->writeString("Tekan sembarang tombol ...");
getKey();
delete layar;
return EXIT_SUCCESS;
}
UCHAR getKey(void)
{
UCHAR key;
asm mov ah, 0x00; /* Register AH = 0 */
asm int KEY_INT; /* Lakukan interupsi */
asm mov key, al; /* Salin nilai register AH ke key */
return key;
}
Gambarnya Sebagai Berikut :
Pnjelasannya :
- Pada kode program contoh11.cpp fungsi getKey adalah fungsi yang digunakan untuk input satu karakter. Fungsi getKey tidak memerlukan parameter dan mengembalikan nilai bertipe unsigned character (didefinisikan dalam file screen.cpp sebagi UCHAR). Nilai yang dikembalikan oleh fungsi ini adalah karakter yang diketikan pada tombol keyboard. Fungsi ini sama dengan fungsi standar getch.
- Setelah mempelajari cara memasukan satu karakter, maka langkah berikutnya adalah mempelajari cara mendeteksi penekanan tombol-tombol extended. Project contoh12.ide berikut ini memberikan contoh cara mendeteksi penekanan tombol F1, F2, F3, dan F4. Simpan kode program
0 komentar:
Posting Komentar