Senin, 20 Juni 2016

Contoh 3 (Coding) dan Gambarnya

#include <conio.h>
#include <dos.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#define VIDEO_INT 0x10 // Nomor interupsi 10h
#define UCHAR unsigned char
void setMode(UCHAR mode); // Deklarasi fungsi untuk
// mengubah mode video
int main(void)
{
printf("Tekan ENTER untuk mengubah mode...\n");
getch();
setMode(0x01); // Ubah mode video
printf("Mode 01 heksadesimal.\n"); // Informasi
printf("Tekan ENTER kembali ke mode normal...");
getch();
setMode(0x03); // Kembali ke mode normal
printf("Mode normal\n");
getch();
return EXIT_SUCCESS;
}
void setMode(UCHAR mode)
{
union REGS in, out; // Deklarasi variabel
in.h.ah = 0x00; // Register AH = 0
in.h.al = mode; // Register AL = mode
int86(VIDEO_INT, &in, &out); // Jalankan interupsi
return;
}

Gambarnya Sebagai Berikut :


Penjelasannya :

Sebagai contoh, berikut ini adalah program untuk memilih mode video 01
heksadesimal (16 warna, 25 baris dan 40 kolom) kemudian mengembalikannya menjadi mode
video normal menggunakan fungsi int86. Simpan project berikut ini dengan nama
contoh03.ide dan nama file kode program contoh03.cpp.

Pada contoh diatas, setiap terjadi pergantian mode video akan selalu menimbulkanefek clear screen. Bagaimana cara menghilangkan efek clear screen ini? Jawabnya adalah
dengan menset bit ke-7 pada register AL menjadi 1. Berikut ini adalah contoh yang sama
seperti pada contoh03.cpp, namun bit ke-7 pada register AL akan diset menjadi 1 dan
menggunakan teknik inline assembly


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Popular Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Here

Ad Home

Random Posts

Recent Posts

Recent

Header Ads

Popular Posts

Flickr

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Ad Banner

About Us

Random Posts

Popular Posts

 

Followers

 

Social Share Icons

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger